7 Jan 2015

Self Publishing #1Day1Dream

Sekitar tiga hari yang lalu gue iseng-iseng ngelayout naskah novel gue yang pernah gue ikutin lomba di salah satu penerbitan. Gue bikin layout dan desain covernya. Terus, gue print. Gue tanya ke nyokap dan adik gue. “Gimana? Bagus nggak? Kaya buku beneran nggak?” dan mereka menjawab dengan kompak “Bagus. Iya, kaya buku yang dibuat penerbit beneran.” Adik gue pun menambahi “mending lo bikin penerbitan sendiri dah ka. Kan lo bisa.” Gue pun berpikir sejenak. Gue bisa desain walau ecek-ecek, gue bisa ngelayout, bisa nulis juga walau amburadul. Hahaha. Iya juga ya. Kenapa gue nggak self publishing aja. FYI, gue merupakan lulusan Politeknik Negeri Media Kreatif Jurusan Penerbitan. Jadi, sedikit banyak gue tau tentang dunia penerbitan. Apalagi gue punya pengalaman bekerja di beberapa penerbitan. Ya, bisa lah kalau mau self publishing. Tapi, pertanyaannya adalah “apakah buku yang gue jual bakalan ada yang mau beli?” Huah, itu pertanyaan yang bikin gue down.


Iseng, gue share lah hasil print layout gue itu di facebook. Dan nggak gue duga ternyata banyak respon positif. Mereka menyemangati gue untuk benar-benar self publishing. Ada yang memberi saran untuk menjual ebook-nya terlebih dahulu. Ada yang minta bukunya kalau udah jadi. Huaaahhh seneng banget ternyata buku abal-abal gue dapet respon positif. Di luar dugaan gue banget.

Ini dia penampakannya 

Layout sendiri, bikin ilustrasi sendiri, desain cover sendiri :D



Dari situ lah terbersit untuk self publishing. Pengennya sih gue menggaet para blogger di komunitas yang gue ikutin. InsyaAllah kalau udah terkumpulnya modal, gue akan self publishing. Semoga apa yang gue rencanakan dapat tercapai. Aaamiiin.

2 komentar:

  1. mendingan dari e-book dulu, mpok. e-booknya bisa di download gratis, tapi ga lo kasih sma isi bukunya. nah, klo mau cerita nya sampe abis, lo jual dah. kayak gitu, mpok. saran gue gitu sih

    BalasHapus
  2. Asik. gue tampung saran lo. Thanks bro :D

    BalasHapus

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis