26 Jun 2014

Ketika Bokap Gue Masih Muda

Gue, nyokap, dan bokap lagi asik ngirup kuah mie instant bareng-bareng sambil nonton orang joget-joget nggak jelas di tipi. Nyokap membuka obrolan dengan menanyakan hal yang nggak biasa di telinga gue.


“Ayah ya yang waktu itu digosipin berantem sama kaka kelas?”


Mendengar pertanyaan itu, bokap gue tiba-tiba batuk. Gue yang lagi asik ngirup kuah mie instant memuncratkan kembali kuah itu ke dalam piring. Ceritanya gue lagi terkejut.



“Iya, ayah yang berantem sama kaka kelas waktu itu.”


“Ko bisa?” tanya nyokap mulai antusias


“Iya, yah ko bisa?” Gue ikut-ikutan antusias. Jujur aja, selama ini bokap dan nyokap nggak pernah nyeritain masa muda mereka. Gue jadi penasaran, ko bisa bokap gue berantem sama kaka kelas. Kaka kelas, loh… yang notabene umurnya lebih tua dari ayah gue -_- ko bisa???


“Kaka kelasnya songong. Dia sering banget gangguin ade kelas. Ayah kan waktu itu kelas 2, dia kelas 3. Tiap istirahat, dia selalu ke kelas ayah entah itu malak atau sekedar menggertak. Pokoknya tiap istirahat dia selalu dateng sambil teriak-teriak ‘woy, gue kelas 3 nih. Kalian kelas 2 jangan ada yang songong sama kelas 3 atau gue tonjokin atu-atu.’”


“terus-terus?”


“Ya, ayah sama temen-temen ayah sih biasa aja. Kan kita emang nggak pernah songong sama kaka kelas. Terus, ayah kan tiap hari bawa gitar untuk ekskul, kaka kelas itu mau minjem padahal gitarnya mau ayah bawa pulang.”


“Ayah kasih pinjem gak tuh?” Tanya nyokap sambil nyari remote tipi. Mungkin udah mulai bosan melihat acara tipi yang joget-joget itu.


“Ya nggak lah kan mau ayah bawa pulang gitarnya.” Bokap nyeruput kopi itamnya yang tinggal ampas itu, kemudian melanjutkan kembali ceritanya, “terus, ayah kan mau ke WC, ayah nitip gitarnya ke temen ayah. Ayah pesenin kalo ada kaka kelas yang mau ngambil gitarnya, jangan dikasih. Eh, pas ayah balik dari WC, gitarnya udah nggak ada. Kata temen ayah, gitarnya diambil paksa sama kaka kelas. Karena dia takut sama kaka kelas itu, akhirnya dia kasih. Ayah marah dong.”


Gue mulai membayangkan adegan yang bokap gue ceritain itu. Adegannya jadi berasa kaya di film film kungfu. Ketika bocah botak diganggu preman gondrong. Mereka pun berkelahi, si botak menjambak rambut si gondrong, dan si gondrong tidak mampu membalas jambakan itu karena si botak nggak punya rambut :v


“Ayah samperin tuh kaka kelasnya. Ayah minta gitarnya. Tapi dia tetep nggak mau ngasih. Ayah giniin ‘eh, lu ko lama-lama nyolot si? Kan udah dibilang itu gitar mau gue bawa pulang. Masih aja mau minjem. Gue udah sabar ya tiap lu nongol ke kelas teriak-teriak nggak jelas nantangin kelas 2. Gue selama ini diem aja karena nggak mau ribut. Tapi makin lama lu makin nyolot. Nih gue Yamin anak betawi asli, gak takut sama lu. Gue takutnya sama Allah… mana sini kemaren lu teriak-teriak bilang mau mukulin anak kelas dua. Pukul nih gue. Apa lu? Takut? Hah?’” lanjut bokap sambil memperagakan gertakannya ke kaka kelas itu.


Menurut cerita bokap, usai ngomong begitu, bokap gue langsung mukulin si kaka kelas ampe kaka kelas itu nyemplung ke got. Dilerailah sama guru-guru. Esoknya, ortu bokap gue dipanggil ke sekolah. Karena bokap gue dulu anak yatim dan nyokapnya bokap gue sibuk dagang, akhirnya yang dateng adalah walinya ayah gue. Siapa wali ayah gue? yaitu kakanya nyokap gue. Maka dari itu, nyokap tau kalo dulu di sekolahnya ayah gue pernah ada yang digosipin berantem…


Pasti kalian bingung kenapa bisa walinya bokap gue adalah kakanya nyokap gue. Belom, saat itu nyokap dan bokap gue belom nikah ko. Malah belom saling kenal. InsyaAllah kapan-kapan gue bakal ceritain romansa percintaan nyokap dan bokap gue yang so sweet. :3



Dari cerita bokap gue itu, gue langsung mikir... pantes dulu gue suka berantem. Jadi, turunan toh dari bokap gue :3 :v 

2 komentar:

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis