15 Feb 2015

The Power of Positif Thinking

Sekitar tahun 2008 kalo nggak salah, gue pernah beli buku dengan judul “Positif Thinking Ala Rasulullah”. Awalnya gue cuma asal baca tanpa gue pahamin maksudnya. Ya sekedar ngisi waktu luang doang. Tapi, gue baru sadar semua isi yang ada dalam buku itu benar adanya. Positif thinking itu ngaruh banget dalam kehidupan. Sialnya, kenapa gue baru sadar sekarang. Tahun 2015 brooo -_- 2008 ke 2015 jauh cuuuyy :’(


Gue baru menyadari setelah gue merasakan jatuh bangunnya kehidupan. Waktu awal gue kerja di tempat yang gue certain di sini. Gue sama sekali nggak berpikir buruk tentang kerjaan itu. Gue bawa enjoy, karena suasananya pun mendukung gue buat enjoy. Dari karyawannya yang lucu, gokil, plus seru. Sama sekali nggak ada yang rese yang bikin gue nggak betah kerja di sana. Makanya gue berhasil bertahan selama hampir dua bulan. FYI, banyak karyawan baru yang cuma sehari kerja di sana karena nggak tahan sama kerjaan dan jam kerjanya, apalagi gajinya nggak sebanding banget dengan semua itu.

Saat hari ke dua gue kerja di sana, banyak yang terkejut karena gue masih mau masuk kerja. Ada yang bilang “loh? Farah masuk? Kirain kapok.” Nggak heran kenapa mereka bisa heran gue bisa tahan kerja di sana, ya karena dari pengalaman yang udah udah banyak yang cuma sehari, bahkan setengah hari bertahan.

Yap, saat itu gue masih berpositif thinking sama kerjaan gue. Gue selalu mensugestikan diri gue kalo gue kelak akan mampu nguasain kerjaan yang gue emban di sana. Sampai suatu ketika, banyak temen temen yang nanya gue kerja di mana. Alhasil ya gue certain gue kerja di mana. Banyak dari mereka yang kaya gak setuju gue kerja sampe jam 9 malem gitu setiap harinya. Dan dengan libur yang hanya sehari. Awalnya gue masih menanggapi dengan tenang dan bilang “nggak ada pelaut hebat yang datang dari laut yang tenang”. Gue always menyuarakan kalimat itu setiap kali ada temen yang rese banget ngasut gue buat keluar dari kerjaan itu. Tapi sayang, semakin sering yang banyak berkomentar negatif otak gue pun terkontaminasi komentar negatif mereka. Alhasil gue pun jadi berpikiran negatif dan sering mengeluh. Gue curhat ke sana ke mari tentang kerjaan gue. Yang gue dapet apa? Nggak ada. Yang ada justru komentar negatif lagi yang membuat gue makin percaya kerjaan itu nggak baik dan nggak sehat buat gue. Gue jadi males malesan di kantor. Gue bodo amat-an. Sampai banyak kesalahan yang gue lakuin karena hal itu. Setiap harinya jadi berasa kaya gue lagi di neraka. Berat banget buat melangkah kerja. Bahkan waktu jadi terasa berjalan lambat.

Itu lah buruknya negatif thinking dan “mengeluh”. Beban hidup lo nggak akan hilang dengan mengeluh mengeluh dan mengeluh… yang ada justru makin bikin lo terbebani. Hingga akhirnya muncul pikiran negatif. Pikiran pikiran buruk yang lain. Itu nggak sehat, bung.

Gue pun nyoba terapin untuk nggak ngeluh. Dimulai dari tugas gue setiap pagi yang kudu nyuci piring sebelum melakukan aktifitas. Setiap kali, gue mengeluh sebelum nyuci piring, seperti “yaelah banyak banget nih cucian piring. Rese” atau kalimat kalimat keluhan yang sejenis, kerjaan gue malah jadi berasa lamaaaaaaaaaaaa banget. Waktu terasa berjalan lambat. Namun, saat gue nyuci piring tanpa ngeluh. Ya, bersikap biasa aja gitu. Langsung nyuci piring tanpa ngeluh dalam pikiran atau lewat omongan langsung, walau cucian piring gue banyak tapi justru gue nggak berasa lama ngerjainnya. Bahkan rasanya waktu berjalan cepat. Gue kaya lagi melangkah ringan seperti kapas.

Positif thinking yang dicontohkan Rasulullah nyatanya memang bermanfaat banget bagi kehidupan. Selain dijauhkan dari penyakit, juga hidup terasa lebih ringan untuk dijalanin. It’s The Power Of Positif Thinking. So, guys… yuk positif thinking seperti yang Rasulullah ajarkan ^_^


4 komentar:

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis