8 Feb 2015

Receh Bukanlah Sampah

 Gue sering banget nemuin orang yang nganggep remeh uang receh. Receh yang gue maksud di sini adalah uang koin seratus, dua ratus, atau lima ratus. Beberapa waktu lalu gue ngeliat kenek bis ngebiarin koin lima ratusan yang jatoh. Bukannya dipungut, itu koin malah ditendang sama dia ampe keluar dari bis. What the heeeelllll… gue kalo jadi dia, pasti langsung gue pungut. Gue taro dicelengan. Siapa tau lima ratus itu bisa jadi pelengkap saat gue punya duit 999.500, kan bisa jadi sejuta kalo digenepin make lima ratus yang gue celengin. Yekan? :p


Kemaren pas gue naek bis, ada ibu ibu yang bayar bis ke sopir (bis nya nggak ada keneknya), die turun di tengah jalan. Die dapet kembalian recehan, ibu ibu itu pun langsung ngomel ngomel minta uang yang bukan recehan. Itu dalam kondisi di tengah jalan loh. Ibu ibu itu minta berenti di tengah jalan yang dalam kondisi hiruk pikuk banyak mobil wara wiri, dan dengan rempongnya ngomel ngomel minta kembalian yang bukan recehan. Pasti lo tau lah ya bakal banyak mobil di belakang yang ngeklaksonin krn bis berenti di tengah jalan . Paling empet gue sama orang yang tengadi ngadi kaya gitu. Nyusahin. Dipikir gak ribet apa itu sopir? Udah nyupir bis, ntu penumpang minta turun di tengah jalan, udah minta turun ditengah jalan dikasih kembalian recehan nolak pula. Sempet pula lagi kaya begitu ngomel ngomel. Bikin puyeng kepala aja.

Ada juga yang ogah banget dapet uang receh pas dapet kembalian belanja di supermarket. Gue pribadi nggak bakal protes walau dikasih kembalian koinan semua dengan jumlah 10 ribu. Kenapa? Karena buat gue, uang receh itu investasi di masa depan. Kita bakal segen gunain recehan untuk belanja. Maka dari itu, lebih enak dikumpulin. Kalo udah betumpuk kan bisa dituker uang kertas di bank indonesia :D

Gue udah dari tahun 2012 ngumpulin koinan di celengan gue. Nggak cuma gue taro dicelengan sih, kadang suka gue biarin aja di dalem tas atau laci gue. Jadi, pas gue lagi butuh banget duit, gue suka nemu harta karun yang terlupakan oleh gue. Walau bentuknya koinan, tapi tetep berguna buat sekedar beli kopi serebuan atau cemilan kaya ciki ciki gitu :v 


Sekecil apapun hal yang lo dapet, harusnya ya disyukurin. Termasuk koinan itu. Bukannya malah dengan sombongnya itu koin dibuang. Macem orang kebanyakan duit aje lo kalo begitu. 

6 komentar:

  1. Duh, bener tuh. Aku aja sering ngumpulin uang recehan. Kadang, buat sumbangan di sekolah. Biasanya tiap hari Jumat anak-anak bakalan disuruh nyumbang buat kebersihan sekolah. Daripada dibuang, mending dijadikan sesuatu yang bermanfaat.

    BalasHapus
  2. ibu kota masih macet ye, mpok?
    ngeheheh... nikmatin aja. makanya pergi ke luar kota dong. PERGI!!

    tapi emang kayak gitu sih. kadang ngerasa butuh ketika nggak ada. gue sering juga gitu sih. yah, segala sesuatu emang harus dihargai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kota termacet sedunia :"(
      coba tolong bayarin gue ke mesir. :v

      iya, jadi harta karun terpendam. :D

      Hapus
  3. Blogwalking here, Inspiring post :D follow-follow-an yukk :)

    BalasHapus
  4. Blogwalking here, Inspiring post :D follow-follow-an yukk :)

    BalasHapus

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis