8 Okt 2014

Tutorial Tracing

Dari kemaren banyak banget yang minta tutorial tracing. Udah gue share tutorial dari youtube, tapi masih pada nggak ngerti. Baiklah, demi menjawab rasa penasaran temen-temen semua, sekaligus berbagi ilmu, gue akan ngasih tutorial tracing. Oke, let's start brooo...

1. Buka adobe illustrator kalian. Kalau nggak punya, ya lo download aja portablenya dari mbah google. :3 Di sini gue gunain adobe illustrator CS3 


2. Klik "new" untuk ngebuka lembar kerja baru


2. Maka akan keluar kotak dialog seperti di bawah ini, lalu klik "OK"


3. Klik "File", lalu "Place" . Pilih foto yang ingin ditracing


4. Jika di lembar kerja kalian belom ada kolom layer, maka untuk memunculkannya klik "Window", lalu klik "Layer"


5. Gembok Layer foto dengan cara mengklik kotak kecil yang ada di samping mata (lihat gambar yang dilingkari). Hal itu dilakukan agar foto yang ingin ditracing tidak bergerak kemana-mana ketika kita klik


 6. Munculkan layer baru dengan mengklik "create new layer"(lihat gambar yang dilingkari)


 7. Setelah itu, klik pen tool 


 8. Kemudian, bentuk garis di bagian yang ingin ditracing lebih dulu. Untuk gue pribadi, gue lebih suka memulainya dari mata. Hihihi :D


 9. Garis dengan pen tool sampai berbentuk mata, lakukan itu seperti kita sedang menggambar :3 . Untuk bola mata, agar terlihat proporsional, kita gunakan ellipse tool. Klik "Ellipse Tool" (lihat gambar yang dilingkari).


 10. Bentuk sebuah lingkaran dari ellipse tool, posisikan pas dengan bola mata. Lalu, Klik garis bola mata, pencet dan tahan tombol shift, klik garis mata seperti gambar di bawah ini.


 11. Klik "Window", kemudian klik "Pathfinder"


 12. Lalu, klik "devide" seperti gambar di bawah ini

 13. klik Direct selection tool. Lalu, klik pada garis di luar bola mata, kemudian pencet tombol "delete"

 14. Setelah itu, klik pen tool lagi untuk membuat garis kembali. Lakukan seperti langkah no.8. 

 15. Setelah tergaris semua, sekarang kita lakukan pewarnaan.  Klik "direct selection tool", lalu klik bagian yang mau diwarnai terlebih dahulu. Untuk gue pribadi, gue lebih suka mewarnai bola mata terlebih dahulu. hehehe. Kemudian, klik "eyedropper tool", lalu klik pada mata yang ada di foto. Secara otomatis, garis yang tadi kita bentuk tadi akan berwarna seperti warna pada mata yang ada di foto.

 16. Untuk mewarnai area mata, sebaiknya pilih warna dari "swatches" agar warnanya lebih baik. Untuk memunculkan kotak dialog "swatches", caranya klik "window", lalu klik "swatches"

17. Setelah itu, klik warna kedua setelah warna putih (lihat gambar yang dilingkari)

 18. Garis pada area mata secara otomatis akan berwarna sesuai dengan warna yang telah kita klik. tetapi, garis warna kuning masih terlihat. Kita harus menghilangkan garis kuning itu. Caranya, klik kotak yang ada di pojok kiri bawah. Lalu klik "none" (lihat gambar yang dilingkari)



19. Untuk mewarnai kulit wajah, kita gunakan warna warna "skintone" yang tersedia di illustrator. Cara membukanya, klik "Swatch libraries menu" (lihat gambar yang dilingkari).

20. Klik "Skintones", maka akan muncul kotak dialog berisi warna kulit.


21. Warnai area yang akan kita warnai dengan warna terang terlebih dahulu. Lakukan langkah nomer 15. Lakukan langkah itu seterusnya sampai terwarnai semua.





22. Dan, foilaaaaa..... tracing kalian sudah selesai :D



Gimana, guys? Gampang kan? Untuk hasil yang lebih rapih dan baik, kalian perlu latihan berulang-ulang. Gue pribadi masih belajar dan belom mampu bikin tracingan yang alus banget. Ya, sama-sama belajar dah kita supaya lebih mahir lagi ngetracingnya. 


Oke deh, guys... semoga tutorial gue bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa baca postingan gue yang laen ya :p

4 komentar:

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis