8 Okt 2014

Gadis Jengkol

Belakangan ini nyokap jadi lebih sering nyuguhin jengkol untuk menu makan siang dan makan malam. Setiap kali gue tanya “kenapa?” nyokap selalu jawab “karena kamu sukanya itu”. Entah kenapa, gue berasa jadi kaya manusia pemakan jengkol. Kalau ditanya seneng atau nggak menu makanannya itu, pasti gue jawab “Gelaaaaaaa seneng bangeeeeeuuuddddhhhh cuuuuyyy”. Bhahaha. Dan gue rasa, kalau pilihannya adalah daging atau jengkol, gue bakal pilih jengkol. Why? Karena sensasi makan jengkol tuh lebih beda gitu. Gimana ya... mmm gue nggak bisa ngejelasin sensasinya gimana, kalau pengen tahu lo makan aja gih :3 :v

Karena frekuensi makan jengkol gue yang bertubi-tubi itu, gue pun iseng mengupdatenya di PM BBM. Dan you know apa respon sohib sohib BBM gue? Macem-macem. Ada yang bilang “mantap, gue juga suka jengkol, far”, ada yang bilang “bagi dong”, ada yang bilang “idih, hueeekk”, dan ada yang bilang “nggak kebayang deh gue kalo ngobrol sama lo pasti bau jengkol”. Berbagai macam komentar bertengger di BBM karena PM fenomenal itu. Bhahaha.

Banyak yang nggak nyangka, muka unyu macem gue demen makan makanan bau kaya gitu. Karena itu lah, gue dijulukin gadis jengkol. Setiap kali BBM, pasti manggil gue “hay gadis jengkol”. Gue sendiri nggak tau musti bangga atau malu dengan panggilan itu. Ya kan nggak asik aja gitu kalau gue lagi ngecengin cowok ganteng, terus nggak sengaja ketemu sama temen BBM gue itu dan dia manggil gue “hey, gadis jengkol” pasti cowok ganteng itu seketika ilfil. Gagal deh minta nomernya :/

Kalau  ditanya “emangnya pipis lo gak bau jengkol apa?” ya pasti bau lah. Jangankan pipis, mulut gue aja bau :v

Walau bau, tapi banyak tips-tips yang bisa bikin bau itu ilang. Misal, ngunyah kopi item bubuk, makan mentimun, atau yang lebih ekstrem, lo telen deh tuh minyak wangi sebotol, dijamin mokat :v. Dengan cara-cara itu lah, mulut atau pipis sekalipun nggak bakal bau jengkol :3. Trust me, it’s work.

Lo nggak malu apa, far? Masa cewek doyan jengkol. Ntar nggak ada cowok yang mau sama lo loh.
Ah, nggak malu dan nggak takut gue... Kalau tuh cowok beneran sayang sama gue, dia nggak bakal ilfil cuma karena gue doyan jengkol.

Yang gue heran, ternyata ada ya cowok yang ogah banget makan jengkol. Ada yang bilang nggak enak lah, bau lah, ini lah itu lah. Ah, cems... masa kalah sama gue yang unyu-unyu ini :v.

Padahal jengkol itu banyak manfaatnya loh.


Mencegah Anemia

Selain protein, jengkol mengandung zat besi yang dapat membawa oksigen ke tubuh. Jika kekurangan zat besi, maka asupan oksigen berkurang dalam tubuh juga akan berkurang, maka tubuh akan lemas dan loyo.
Antioksidan Alami

Jengkol mengandung beberapa vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Vitamin A dalam jengkol yang mencapai 658 mg/100 gram sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan, vitamin B1 dan B2 berguna membantu penyerapan protein. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.
Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan protein yang ada dalam jengkol cukup banyak, bahkan lebih dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. Dalam 100 gram jengkol mengandung sekitar 23,3 gram protein. Protein sangat berguna bagi tubuh untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan membantu mempercepat penyembuhan luka.
Menjaga Kesehatan Tulang

Tingkat kalsium yang ada pada jengkol adalah 140 mg/100 g. Kalsium tinggi ini akan menjaga kesehatan tulang dari pengeroposan. Itulah pasalnya, jengkol sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium besar.
Fosfor

Fosfor merupakan mineral lain yang terkandung dalam jengkol. Dalam satu buah jengkol berukuran sedang terkandung sekitar 100 gram fosfor 166,7 m. Kegunaan fosfor adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi seperti kalsium.

“So, jangan ngaku cakep kalau makan jengkol aja ogah.” :p

0 komentar:

Posting Komentar

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis