3 Jul 2015

4 Hal yang Gue Lakuin Waktu Kecil Saat Ramadhan

Dulu, sewaktu gue kecil, tiap kali dateng bulan Ramadhan tuh gue seneng banget. Why? Karena setelah Ramadhan ada hari raya lebaran :v  it’s mean, ada baju baru, makanan berlimpah, dan uang salam tempel pastinya. That’s the point for all children :3

Ada 4 hal yang gue lakuin sewaktu kecil tiap kali Ramadhan, yaitu


1.      Jalan jalan Subuh

Yap, seusai shalat subuh gue sama sepupu gue dan teman teman gue pasti jalan jalan keliling komplek atau sekedar duduk duduk manis di taman deket rumah. Yang paling sering kita lakuin adalah ngintilin cowok cowok pas jalan subuh. Mereka ke sana, kita ikutin. Mereka ke sini, kita ikutin. Ya, bisa dibilang lagi puber pubernya deh. Lagi centil, pengen diperhatiin cowok sampe segitunya :v . Kalo istilah cabe cabean udah ada di jaman gue kecil, mungkin gue, sepupu gue, dan temen temen gue itu bakal dijulukin cabe-cabean :v  . Tapi, dulu mah pake bedak aja masih cemong... belom ngerti dandan anak kecil dulu mah. Gak kaya sekarang.

2.       Melakukan banyak permainan untuk mempercepat waktu

Kita harus banget punya kegiatan biar waktu cepat berlalu dan tiba tiba adzan maghrib berkumandang. Yang paling sering kita maenin itu adalah monopoli, bola bekel, dan congklak. Tiga permainan itu ampuh banget bikin kita lupa waktu. Alhamdulillah, anak kecil dulu mah gak kenal gadget. Kita sibuk nyari permainan yang bisa kita mainan dengan gerak tubuh. Bukan maenan yang cuma ngandelin jempol (game di gadget).

3.       Booking tempat untuk taraweh

Dapet tempat yang bikin pewe itu harus. Tempat yang pewe? Gimana contohnya, far? Misalnya, yang gak banyak orang orang tua alias anak muda semua yang shalat di shaf itu, yang di bawah kipas biar gak panas, dan yang gampang buat langsung pulang :v . Ya, namanya juga dulu gue masih kecil. Yang ada di otak gue, tempat pewe buat shalat ya kaya gitu. Dan yang selalu bertugas untuk booking tempat adalah sepupu gue, namanya Ryah. Dia yang paling rajin dateng duluan ke masjid untuk booking tempat taraweh. You know? Tradisi itu terus berlanjut sampe tahun kemaren. Tempat yang dibooking dari tahun ke tahun pun selalu di situ. Tapi, semenjak masjid di renovasi, tahun ini tempat “langganan” kita pun menghilang. Secara otomatis, kita udah gak punya patokan tempat pewe lagi untuk taraweh.

4.       Nongkrong di warung seusai taraweh

Malam hari di bulan Ramadhan bagi kami anak anak kecil yang susah keluar malam ini, adalah berkah. Kenapa begitu? Karena di lingkungan rumah gue, kalo malem biasa tuh sepiiiii banget kaya kuburan. Otomatis gak boleh deh tuh keluar malem, walau untuk sekedar maen di depan rumah. Takut diculik gitu :v . Tapi, kalo di malam Ramadhan, hal itu gak berlaku. Kenapa? Karena di malam ramadhan, masjid masih akan ada orang sampe tengah malam. Masih banyak orang pula yang lalu lalang di jalan. Intinya mah ya, di malam ramadhan, daerah rumah gue bakal rame sampe saur. Itu gue, sepupu gue, dan temen gue manfaatin dengan sebaik baiknya untuk kumpul sekedar mengobrol ngalor ngidul. Tempat yang biasa kita tempatin untuk ngumpul itu adalah warung milik kakeknya temen gue. Jadi lah tiap malam kami menyambangi warungnya, bukan buat jajan. Tapi, Cuma untuk nongkrong..


2 komentar:

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis