15 Apr 2015

Kebohongan untuk Kebahagiaan? Are You Kidding Me?

“Kita maen ke rumah lo dong, Sri. Masa udah temenan tiga taon kita nggak pernah maen ke rumah lo.” Ucap Tukiyem sambil mengipas wajahnya dengan uang ratusan ribu. Maklum, anak horang kayah… kipasan aja pake duit, ngelap keringet pake tisu dengan lapisan emas, buang ingus meperinnya di batu akik. Kurang kaya apa coba si tukiyem ini.

“Iya, Sri. Kenapa sih nggak pernah ngebolehin kita maen ke rumah lo.” Kini giliran Ijah yang angkat suara.

Sri memutar mutar bola matanya, pertanda ia sedang mencari alasan yang tepat agar teman-temannya nggak curiga kenapa selama ini ia nggak pernah memperbolehkan teman-temannya main ke rumahnya. Secara gitu loh, Sri bukan anak horang kayah seperti kedua temannya, Tukiyem dan Ijah. Ia hanya seorang anak orang miskin. Ibunya pembantu, bapaknya tukang odong-odong. Kebayang dong malunya Sri yang kepalang basah ngaku orang kaya ini kalo tiba-tiba ketauan bahwa selama ini ia telah berbohong agar bisa berteman degan mereka yang notabene anak horang kayah.


Cerita di atas itu fakta terjadi di dunia nyata. Nggak Cuma di dunia sinetron doang. Gue pernah nemuin tipe kaya yang di atas itu. Lebih sering nemunya di dunia maya. Why? Karena kecil kemungkinan untuk ketauan “boong” nya.

Yang pertama, sebut saja namanya mawar. Dia adalah pacar dunia mayanya temen gue. Kalo diliat dari profil pict FB-nya, beeuuuhhh… cantiknya na’udzubillah. Pokoknya gue kalah telak lah. Kalo gue telusuri dari foto-foto dan statusnya, dia ini model dengan penghasilan puluhan juta per-pemotretan. Selain jadi model, dia juga bisnis MLM sekaligus anak kuliahan. Awalnya gue percaya kalo nih cewek beneran cantik aslinya kaya yang ada di foto plus beneran model. Tapi lama kelamaan gue mulai curiga kalo itu semua hanya kebohongan belaka.

Apa yang bikin lo curiga, far?

  1. Ini cewek cantik plus tajir tapi kok “centil” sama cowok. Udah gitu centilnya sama anak-anak STM pula. Maksud gue, heeyy…look? Biasanya cewek cewek kaya gitu levelnya sama eksekutif muda atau pengusaha pengusaha muda gitu. Lah ini? Dia maennya sama anak STM. Cowoknya temen gue pula yang notabene maaf ya agak kurang dari segi fisik plus ekonomi. Ini aneh banget -_-
  2. Dari kalimat-kalimat yang dia lontarkan di status. Entah yang berbahasa inggris atau Indonesia. Kalimatnya awur-awuran. Apalagi bahasa inggrisnya. Udah persis sama Vicky twenty nine my age :v 
  3. Dia ngaku udah punya anak. What the heeelllll? Suaminya orang jepang. Dia ngaku kalo dia Cuma nikah kontrak ama tuh orang jepang. Ini aneh banget. Asli


Dan akhirnya setelah gue telusuri lebih dalam (FYI, gue orangnya penasaran banget. Kalo udah penasaran banget pasti bakal gue korek korek ampe dalem), ternyata pemilik akun FB itu penipu. Dia hode far? Bukan, dia bukan hode. Dia beneran cewek tapi bukan si cantik itu. Dia make foto orang lain. Dan orang lain itu adalah temen kampusnya sendiri. Usut punya usut, dia gunain modus cewek cantik di facebook itu untuk menarik orang agar mau join bisnis MLM nya dia. Maka dari itu dia lebih banyak deketin cowok di FB. Karena cowok lemah kalo udah berhadapan dengan cewek cantik. Dia pura pura tajir agar banyak yang percaya bahwa dengan ikut bisnis MLM dalam sebulan lo bakal bisa langsung beli mobil. Bulshit sekali ya sodara-sodara. Janji janji surga orang-orang MLM yang basi. Pffttt.

Kedua, dia temennya temen gue. Sebut saja namanya Bambang. Awal gue kenal ya di facebook. Sebelum gue kenal banget dia, gue ngira dia salah satu karyawan Trans tv. Why? Karena dia always upload foto foto pas lagi syuting. Dan yang bikin tambah kuat keyakinan gue kalo dia adalah karyawan trans tv adalah jaketnya. Dia punya jaket khas karyawan trans tv dengan logo trans tv di sisi kirinya.

Kok lo bisa tau dia bohong?

Nah, ceritanya begini. Waktu itu dia bikin status tentang lowongan kerja di bilangan pejaten. Karena kebetulan gue lagi nganggur, gue pun ngelamar kerjaan di sana. Gue ketemu dia yang lagi duduk di depan gedung tempat gue ngelamar. Nggak bisa dibilang gedung juga sih. Soalnya lebih mirip ruko.
Gue sempet bingung kenapa bisa ada dia di tempat itu. Padahal setau gue dia kan kerja di trans. Setelah gue berhasil masuk dan kerja di sana, gue pun nanya nanya sama karyawan sana si Bambang di situ ngapain. Terkejut lah gue setelah gue tau ternyata dia bekerja sebagai supir di sana. Dan kenapa dia bisa punya jaket trans? Karena jaket itu emang dijual bebas di situ karena perusahaan itu bekerja sama dengan trans tv. FYI, itu perusahaan jasa penyewaan alat syuting. Gue pernah cerita di sini

Pantesan foto-fotonya always di dalem mobil.Ternyata dia sopir -_- Yang gue heran itu orang nggak kapok gitu untuk menebar kebohongan di dunia maya. Pernah pas lagi makan siang, gue iseng buka facebook dan lewat lah foto menara eifel, yang upload ya si Bambang itu. Kebetulan si Bambang lagi makan di depan gue. Mungkin dia ngerih gue mikir gimana gimana kali, eh dia langsung bilang “masa gue upload menara eifel pada ngira gue lagi di paris. Hahaha” Ewh~ nggak ada angin nggak ada ujan ngomong kaya gitu seakan lagi ngasih penjelasan supaya nggak ketauan kalo dia lagi ngebohong di dunia maya -_-. Besoknya, gue cek foto upload-an dia yang menara eifel itu dan ada komentar dari temannya. Bunyinya seperti ini “lo lagi di paris, bang?” si Bambang menjawab “kemaren itu. Cuma satu malem doang ke sana. Ini sekarang udah di Jakarta lagi” . Pale lo meledaaaaakkkkk padahal pas dia upload foto itu, die lagi makan di depan gue sambil ongkang kaki kek orang lagi makan di warteg :v

Ketiga, dia temennya temen gue juga. Het deh temennya temen gue banyak bener ya :v . Sebut saja namanya cengcorang. Kalo dari omongan emang keliatannya berwawasan luas. But, gue mulai curiga dia tukang boong pas dia ngaku kalo komik “Si Juki” adalah buatan dia. Dia ngirim link komik ke gue, pas gue buka “lah gue kenal nih komik, ini kan komiknya faza meonk”. Dia bukannya ngaku kalo dia bohong, justru makin bohong dengan bilang “itu komik udah lama gue bikin tapi mandek di tengah jalan. Mungkin yang lo liat itu orang yang nerusin komik gue kali” Pale lo meledak, logikanya gini aja, emang ada orang yang rela karyanya jadi lebih popular di tangan orang lain dan orang itu gunain tanpa izin si pembuat sebelumnya?


Gue ngetes dia dengan nanya kapan komik itu mulai keluar. Dia ngaku tahun 2012. Lah? Komik si juki aja nongolnya 2011. Logikanya, kalo dia bilang itu komik dia yang diterusin orang, loh kok nongolnya justru duluan Faza Meonk ketimbang dia. Dan lo tau pas gue sudutin kaya gitu respon dia gimana? Dia langsung bilang “gak tau deh, gue sih ikhlasin aja kalo karya gue diambil orang. Toh gue masih bisa bikin lagi” <<< asli parah tuh orang ngibulnya. Udah ke-gep bohong malah makin nambah parah dengan bohong lagi. Buat apaan si? Biar keliatan hebat dan keren? Buseettt, malu kali udah ketauan ngakuin karya orang bukannya ngaku aja gitu kalo lo bohong eh malah nambah dengan kebohongan lain.

Herman deh gue sama orang-orang kaya gitu. Untuk apa sih bohong. Untuk apa sih pura pura kaya padahal cuma orang biasa. Untuk apa sih ngakuin karya orang biar keliatan hebat padahal itu bukan karya lo? Apa itu bikin lo seneng? Iya mungkin lo seneng bisa ngibulin orang sehingga orang menilai lo “keren” di mata mereka. Tapi, nyatanya? NOL ! Lo seperti sedang menciptakan kebahagiaan semu. Tanpa lo sadari, lo juga sedang membohongi diri lo sendiri. Membohongi bahwa lo bahagia dianggep “keren” padahal itu bukan lo.

Come on, just be your self aja si. Itu udah keren kok di mata orang-orang. Liat, Fatin dan Pak Jokowi. Kenapa banyak yang jatuh cinta sama mereka? Karena mereka orang orang sederhana dan apa adanya di tengah orang-orang yang menggunakan topeng untuk keliatan keren.


Kebohongan untuk Kebahagiaan? Are You Kidding Me?

4 komentar:

  1. Menurut gue yang menarik itu ceritanya temennya temen lo punya temen lagi punya temen lagi, eh kebanyakan deng, temennya temen lo..iya itu si cengcorang.. karya orang lain kok di aku akuin.. miris banget.

    Lebih baik jelek karya sendiri daripada bagus karya orang lain kan ? :D hehe... bersyukurlah nak..

    BalasHapus
  2. apa? temennya temen temennya temen temennya temen gue? :o #pusing-pusingdahtuh :v

    Makanya itu. Mungkin dia kira gue nggak tau komik "si juki" kali ya. :v dia ngebohong dengan orang yang salah. akhirnya malu sendiri deh so keren dengan karya orang lain :3 :v

    BalasHapus
  3. Panjang, ya. Gue bacanya sampe ketiduran. asli. :D

    Ngomongin kebohongan di dunia maya. Itu asli kamfret banget, ya. Ngakunya model, eh malah ngajak MLM. Dunia-dunia.

    Semoga temen temen temennya temen dari temen-temennya lu, bisa segera sadar. Kalo mereka itu, bukan hanya salah.. Tapi salah banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, makanya bacanya jangan sambil tiduran. :p

      banget banget :v semoga mereka segera bertaubat. aamiiin

      Hapus

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis