25 Apr 2015

Waktu Takkan Bisa Berputar Kembali, Kawan

Pernah denger kalimat “nikmati masa mudamu, sebelum datang masa tuamu”? Ada yang setuju gak sama kalimat itu? Gue pribadi sih kurang setuju. Karena kalimat itu bisa diartikan dalam dua hal. “nikmati” dalam artian digunakan sebaik mungkin dengan hal-hal positif dan “nikmati” dalam artian digunakan untuk sekedar bersenang-senang. And faktanya, di luar sana lebih banyak yang mengartikan digunakan untuk sekedar bersenang-senang. Tuanya? Rasa sesal yang didapet. Dan itu yang sempat terjadi sama gue, ketika gue “telat bandel”.


Gue jauh lebih suka kalimat “produktif di masa muda, nikmati hasilnya di masa tua”. Kalo kalimatnya kaya gitu, gak akan ada dua artian di dalamnya. Nggak kebayang bakal jadi gimana Indonesia kalo semua anak mudanya “produktif”. Pasti bisa lah ngalahin negara sekelas Jepang.

Sebelumnya tadi gue bilang gue sempat mengalami mengartikan “nikmati masa muda” dengan arti yang salah. Gue bakal certain pengalaman “bodoh” gue itu.

Gue termasuk anak “culun” di sekolah terutama waktu SMP. Culun, kalem, pendiem, dan nggak punya banyak temen. Kala itu belom terlalu booming tuh social media. Apalagi internet. Hanya kalangan berada doang yang udah melek begitu-begituan. Dan gue bukan kalangan berada plus nggak gaul, ciiiiinn…
Masuk SMA, gue juga masih culun. Yang namanya deket sama cowok rasanya malu dan gemeteran. Makanya gue gak punya pacar. Dimintain nomer hape aja langsung kabur :v

Dari SD, SMP, dan SMA kelas 1 gue masih bisa dibilang anak yang nggak bodoh banget dan nggak pinter banget. Ya lumayan lah ya. Plus dicap sebagai anak rajin. Gimana gak rajin, gue kan culun. Kalo ke sekolah ya belajar, pulang sekolah langsung pulang. Gak ada kongkow kongkow gaul di mall atau cafe karena gue nggak punya banyak temen.

Menginjak kelas 2 SMA, semua mulai berubah perlahan-lahan. Gue yang saat itu udah mulai punya Hape, udah kenal pacar-pacaran (FYI,  gue mulai punya pacar pas kelas  2 SMA) perlahan tapi pasti berubah jadi gadis abegeh males belajar, suka bohongin orangtua, dan sering telat pulang ke rumah.

Nilai gue yang tadinya amazing di kelas 1 berubah total pas di kelas 2. Apalagi pas gue punya pacar orang Jakarta utara yang sempet gue certain di sini.

Gue rela boongin orangtua cuma demi bisa ketemuan sama pacar gue yang jauh di Jakarta utara. Iya, gue yang nyamperin dia ke sana dengan rela gak jajan agar uangnya bisa gue pake buat transport ke Jakarta utara. Sungguh bodoh kalo gue inget dulu gue kaya gitu.

Otak gue jadi susah nerima pelajaran gegara lebih banyak mikirin “si doi” ketimbang mikirin materi pelajaran. Apalagi kalo lagi berantem sama doi. Beeuuuhhh, itu otak Cuma ngegalau. Nilai MTK gue anjloookkk…. Jauh dari waktu gue kelas 1.

“Bandel” nya gue terus berlanjut sampe gue kuliah. Bisa dibilang gue “telat bandel” karena dulu lebih banyak jadi anak culun….

Nilai kuliah gue gak ada satupun yang memuaskan, padahal orangtua gue banting tulang nguliahin gue biar gue jadi anak pinter dan berilmu. Nilai paling anjlok yang pernah gue dapet, itu terjadi waktu gue semester dua. Gegaranya, sebelum ujian gue diputusin cowok gue. Itu bikin gue males malesan kuliah, kerjaannya ngegalau mulu… lebay? Emang. Gue akuin gue lebay bin tolol bin bodoh bin idiot. Gue perlahan sadar pas pertama kali gue liat nyokap gue nangis karena liat kenakalan gue. Waktu itu gue keluar dari rumah tanpa pamit untuk nonton “Persija”, tim kesayangan gue. Padahal besoknya gue ujian semester. Gue bukannya belajar malah nonton persija. Pulang larut malem. Waktu itu pertandingan Persija vs Persib. Pertandingan berlangsung sampe sekitar jam 7 malem.

Gue pulang nyampe rumah sekitar jam 8. Pulang-pulang bokap langsung marah-marah. Gue hampir dilemparin bangku  sama bokap gue. Dan kalimat yang paling bikin jleb saat itu adalah “punya anak perempuan tapi liar” . Jleeeebbb !!! rasanya gue pengen mukulin diri gue sendiri. Apalagi saat itu gue liat nyokap gue nangis. Iya, nangis Karena liat anak perempuannya bandel. Anak lakinya aja gak bandel, masa ini gue yang anak perempuan malahan yang bandel. Sejak saat itu gue janji sama diri gue sendiri gak akan boongin ortu gue lagi, gak akan nonton persija lagi, dan pelan-pelan ngubah dari gue jadi jauh lebih baik.

Masa muda gue habis dengan tenggelam dalam “percintaan” yang nggak bermutu. Gue bahkan melupakan cita-cita gue untuk menjadi penulis Karena terlalu sibuk ngurusin cinta-cintaan. Makanya, sejak 2013 lalu gue mulai tinggalin cinta-cintaan. Fokus untuk lebih produktif mumpung umur gue belom 25 tahun. Gue harus gunain waktu sebaik mungkin untuk mengejarketertinggalan gue dalam berkreatifitas. Kadang, gue malu kalo ngeliat anak sekolah yang udah jago banget bikin ini dan itu sedangkan gue “masih” belajar padahal gue udah setua ini.

So, guys… mulai ubah mindset kalian. Jangan sampe kalian nyesel kaya gue. Karena waktu nggak akan bisa diputar kembali. Manfaatkan waktu dengan hal hal berguna dari pada hanya sibuk ngurusin cinta-cintaan.


Gue ngerasa perlu berbagi pengalaman gue agar nggak ada lagi anak muda yang ngabisin waktunya buat seneng seneng doang kaya yang gue lakuin. Semoga postingan gue kali ini bermanfaat. See you di postingan berikutnya ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis