18 Jan 2014

3 Hal Penyebab Banjir

And here I’m dengan keadaan yang sama seperti pada tahun 2013 lalu. Banjir


Udah tau banjir mulu, kenapa lu masih tinggal di daerah situ? Jawabannya Cuma 1, nggak punya duit buat pindah. Terkesan simple ya ngomong “mending pindah aja dari pada kebanjiran mulu” pada lupa apa pada pura-puraan bloon kalo pindahan butuh duit. Buat makan daging aja susah.


Oke skip ngomelnya…


Gue bakal ngebahas tiga hal yang menjadi penyebab banjir. Cekidoooottt, guys…





1.  Rumah di bantaran kali

Katanya ada program netralisasi kali yang dibuat oleh gubernur. But, katanya juga… orang-orang yang tinggal di bantaran kali enggan untuk pindah karena mereka udah tinggal di situ sejak lama. Gue liat di berita kemarin, salah satu warga yang tinggal di bantaran kali ciliwung di wawancara oleh wartawan salah satu stasiun tv. Wartawan itu bertanya, “Ibu capek gak kena banjir mulu?” Si ibu itu menjawab, “saya capek pak banjir mulu. Saya mohon pemerintah untuk bisa mengatasi ini.” Huahaha… lucu kan ya? Mereka loh itu yang membuat kali ciliwung jadi kecil kaya got. Pengen dipindahin malah nolak dengan alasan udah dari orok tinggal di situ. Tapi ngeluh dan minta pemerintah mengatasi banjir. Duh aduuuuuhhh …. -_-


 2.  Buang sampah sembarangan

ini dia nih yang paling bikin gue geregetan. Gue sering banget liat temen gue buang sampah sembarangan, gue tegur.. tapi jawaban mereka selalu sama “yaelah, far.. sampah kecil gini gak bakal bikin banjir.” It’s so KAMPRET you know !! Helloooooowww Jakarta ada berjuta-juta orang, kalo semua orang mikir hal yang sama kaya temen gue itu, tuh sampah kecil bisa jadi segede gunung himalaya *lebay.

Temen-temen juga beralasan kalo gak ada tong sampah di sekitar mereka, makanya mereka lebih milih untuk buang sampah sembarangan, buat gue itu alasan paling basi sedunia. Gue sendiri selalu nerapin “taro kantong - ketemu tong - buang” tiap kali megang sampah.


Lu gak malu apa, far ngantongin sampah? KAGA ! gue lebih malu buang sampah sembarangan lalu berteriak “Woy, gubernur kaga becus. Jakarta tetep aja banjir” .


Nah, guys… coba lah menerapkan apa yang gue terapin. Kalo di baju atau celana lu gak ada kantong, taro tas aja. Kalo gak bawa tas, lu pegang… sampe ketemu tong sampah. Itu hal yang gak berat loh, ringan. Lu hanya cukup ngantongin atau menggenggam sampah sampe ketemu tong sampah. Gak nyampe bikin nyawa lu melayang ko… :p



3.  Minimnya tempat resapan air

Lahan yang harusnya jadi tempat resapan air malah dibikin mall, mending tuh mall bakal rame, kalo sepi? Tuh bangunan Cuma jadi museum doing -_- . contohnya udah banyak tuh mall yang mati. Seperti PGJ yang terletak di Jatinegara Jakarta Timur. Tuh bangunan emang masih berdiri kokoh, tapi udah gak kepake. Mending rubuhin aja tuh bangunan, terus dibikin taman, biar bisa jadi tempat resapan air.





Ayolah, Guys… think smart. Jangan Cuma bisanya nuntut pemerintah untuk membuat program mengatasi banjir, tapi juga ikut serta berpartisipasi dalam program itu agar programnya berjalan sukses. Percuma program bagus tapi masyarakatnya gak mau diajak bekerja sama. Ampe rambut lu ubanan juga gak bakal berjalan tuh program.

0 komentar:

Posting Komentar

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis