23 Jan 2016

Jadi Anak Pertama dan Anak Perempuan Satu-satunya It’s Something

Yes, gue terlahir sebagai anak pertama dan anak perempuan satu-satunya di keluarga gue. Sebenernya nggak pernah disangka banget bakal lahir perempuan. Kata nyokap gue, malah nyokap dan bokap udah nyiapin nama untuk gue yaitu Reza fahlevi. Dikarenakan, nyokap dan bokap udah yakin banget anak pertama mereka cowok. Entahlah kenapa mereka bisa seyakin itu sampe udah nyiapin nama. Dan ternyata pas lahir, yang nongol malah cewek. Mana susah banget lagi dikeluarinnya. Nyokap mules subuh dan gue lahir maghrib. OMG, hampir seharian saudara-saudara.


Nggak pernah terpikir jadi anak perempuan bakal sesulit sekarang. Dulu, waktu kecil gue terdidik sebagai anak laki. Wkwkwk. Rambut gue bondol mulu. Sepatu, baju, dan lain-lain disamain ama adik gue yang notabene laki. Iye, gue berpakaian ala-ala laki. Di saat anak laen abis mandi pake bedak, gue malah pake minyak rambut bokap gue. And you know, gegara kek gitu, dulu gue dikatain dekil sama almarhum nenek gue. Beliau bilang, “anak perempuan tuh dandan. Pake bedak sono. Ntar kalo jelek, kaga ada yang mau ama lo.”. Sejak saat itu, gue mulai pake bedak biar gak diomelin nenek gue, ya walau makenya waktu itu kurang bener. Cemong sana sini. Bodo amat lah. Anak kecil ini. Yekan? Wkwkwk

Entah saat gue duduk di bangku kelas 5 atau 6 MI, gue lupa, nyokap gue sempet sakit. Sakit giduhan gitu. Itu penyakit kalo nyokap lagi kena alergi. Entah alergi udara dingin atau debu. Alergi yang bikin kulit nyokap jadi bengkak merah. Gue inget banget, waktu itu nyokap Cuma bisa tiduran di kasur. Alhasil, gue lah yang kudu tanggungjawab ngurus dapur. Gue belanja dengan modal catetan emak gue. Kelar belanja, gue masak, pun dengan modal arahan nyokap. Jadi, gue bolak balik dapur-kamar nyokap. Tiap bingung musti ngapain, gue ke kamar nyokap dan nanya. Ya begitu dah, namanya masakan anak kecil, ya pasti nggak sesempurna masakan emak emak. Ada aja yang salah. Telor rebus belom mateng lah, minyak kebanyakan lah, dan lain-lain. (fyi, waktu itu gue sekolahnya siang. Jadi gue bisa ngurusin dapur dulu sebelum berangkat sekolah).

Kelar masak, gue kudu wajib nyuruh ade gue pada makan makanan yang gue masak. Abis itu, gue mandi dan berangkat sekolah. Pulangnya, gue ngangetin nasi dan makanan yang tadi siang gue masak. Terus, nyapu rumah ama nyuci piring.

Hal itu berlangsung lumayan lama. Sekitar setengah bulanan. Gue bener bener ngerasain kudu punya tanggungjawab walau gue masih kecil sekalipun.

Beranjak remaja, gue mulai disibukin ama sekolah. Alhasil jarang banget ngurus rumah. Kalo lagi disuruh doang gue bakal nyapu ama ngepel. Kalo kaga ya kaga.

And now, I grew up. Yes, tahun ini umur gue 24 tahun. WOW, sudah tua ya saudara-saudara. Nggak nyangka gue masih diberi hidup sama Allah sampe umur segini. Dengan umur segini, tanggungjawab gue makin besar. Awal-awal lulus kuliah, gue sibuk kerja dan ya… you know urusan rumah semua jadi beban nyokap. But now, I’m here. Selalu di rumah karena gue sekarang freelance. Alhamdulillah, jalan yang gue pilih ini justru bikin gue jadi lebih bisa bantu nyokap ngurus rumah. Plus, sekalian belajar jadi calon istri yang baik yang bisa ngurus rumah dan suami. Eciieeeee…..

Tiap pagi, gue kudu nyuci piring. Kelar nyuci, gue nyapu dan ngepel. Kalo lagi ada temen ke pasar, gue ke pasar. Belanja kebutuhan emak gue jualan nasi uduk esok paginya dan beli bahan buat makan siang dan malem. Kelar ke pasar, gue masak. Kelar masak, baru gue ngerjain kerjaan gue. Entah itu orderan atau kerjaan freelance gue.

Terkadang gue ngerasa “begini kali ye kalo kelak gue jadi emak emak sekaligus wanita karir. Paginya ngurus rumah, siangnya ngurus kerjaan sambil ngurus anak, malemnya ngurus suami.” Ecieeeee…. Wkwkwkwk

Yap, jadi anak pertama dan perempuan satu-satunya di keluarga tuh ya gini. Tanggungjawab lo gede. Kudu bisa ngurus rumah ketika ade ade lo sibuk buat nyampah di rumah. Wkwkwk serius. Entah sampah lah di tumpuk di kamarnya. Baju kotor lah di taro sembarang tempat. Siapa coba yang beresin dan mindahin? Kalo bukan nyokap, ya gue.

Gegara itu, ade gue kadang suka ngeledek gue kalo gue lagi nyuci, “yang bersih ya, mbok” begitu katanya. Sial…. Gue dikata pembantu, segala dipanggil “mbok” -_-


but, ya… kalo nggak gini, gue nggak akan pernah belajar jadi wanita seutuhnya. Karena kelak, gue harus jadi seorang istri dan seorang ibu. Kalau gue Cuma bisa dandan dan gelendotan di lengan suami buat minta jatah belanja make up, apa kabar urusan rumah? Apa kabar anak gue? Apa kabar dapur?


Ape lagi nih ye, kate orang-orang, suami bakal makin cinte kalo kite mahir ngurus die. Entah dari masakan kite, dari nurutnya kite kalo die lagi ngebilangin kite, dari lemah lembutnye tutur kata kite ketika dia lagi sewot. Bah, dijamin, luluh dah tuh suami. Bakal jatuh cinte ama kite saban hari. Itu si kata orang-orang. Au dah bener apa kaga. Ya moga aja bener. Dan moga kelak gue bisa jadi yang kaya gitu. Aamiiin. 

6 komentar:

  1. istri idaman ini mah, hahaha
    kalo aku anak laki-laki satu-satunya It’s Something juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa rasanya jadi anak laki satu satunya? Cerita bisa kali :D

      Hapus
  2. kehidupannya sama perciis kaa it's something banget😁tapi kalo aku anak terakhir dari 5 bersaudara dan cewe sendiri😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enak punya banyak abang yang bakal jagain kamu :D

      Hapus
  3. Aku ngefans sama mbak Farah xD

    BalasHapus
  4. Aku ngefans sama mbak Farah xD

    BalasHapus

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis