25 Apr 2016

MY LIFE [EDITED]

I think, I must writing again… setelah sekian lama blog ini hiatus. Maapkeun diriku ya, blogku sayang :”( 




Oke, langsung aje…





Bagi yang kenal gue banget, pasti tau gue orangnya kek apa. Gue itu tipe introvert, gue lebih demen sendirian. Apalagi kalo ada problem. Gue lebih demen nyimpen problem itu tanpa cerita ke orang.



Akhir-akhir ini gue mikir, sejak kapan gue introvert? Apakah introvert gue itu terbentuk dengan sendirinya? Atau emang dari lahir udah pasti introvert? Kalau gue inget-inget, sejak kecil gue emang pendiem, and I think I have a reason… cause, dari kecil kehadiran gue kek gak ada di mata orang. Contoh paling gue inget, waktu gue pengen bantuin nyokap buat masak, ya namanya anak kecil, bukannya bantu malah ngerecokin dan you know my mother told me untuk nggak bantuin beliau. Gue diomelin. Alhasil gue mikir, gue cuma penganggu kegiatan emak gue. Gue gak dibutuhin. Dan gue pernah mau kabur dari rumah karena waktu itu nyokap lebih prefer ngurus ade gue ketimbang gue, ya gue kek cemburu gitu deh sama ade gue. Namanya anak-anak begimane si. Rasanya kek gak diperlakukan adil aje. Apa-apa ade gue. Itu gue masih kecil, loh. Kalau gak salah waktu SD kelas 4. Tapi gue nggak jadi kabur karena keburu kepergok nenek gue. Wkwkwkwk kata nenek gue gini,”mau kemane lo beberes baju ditaro dibuntelan? Mau minggat ye lo?” FYI, keluarga orang betawi, jangan heran kalo lo denger ada nenek nenek ngomongnya gue-lo ke cucunya :v :v  Terus juga, di sekolah, gue demen banget yang namanya disuruh guru… loh? Kok demen disuruh guru, far? Karena dengan disuruh guru itu berarti gue berguna. Dan gue seneng menjadi berguna bagi orang lain. But, gue jarang disuruh-suruh gitu. Lagi-lagi gue merasa kek gue gak dibutuhin dan lebih baik gak ada. Sakit banget ye otak gue dari kecil :v mikir jelek mulu. Tapi ya gimana, masih kecil pikirannya masih polos. Kalau gue diusir pun pasti gue beneran bakal pergi karena ngira gue dibuang. 




Puncak paling menyeramkan dari rangkaian kejadian itu adalah waktu gue SMP kelas satu. Kosakata gue belom banyak, dan horornya waktu SMP guru gue sering banget gunain kata yang belom ada di otak gue. Contohnya kek “kliping” gue belom pernah disuruh bikin kliping. Tau-tau guru di SMP nyuruh bikin kliping, tanpa ngejelasin kliping itu apa. Dan lebih buruknya lagi, waktu gue nanya ke ortu gue gue malah diomelin karena gak ngerti kliping itu apa. Gue malah disuruh nanya ke sodara gue, gue pun nanya ke dia dan dia ngejelasin dengan rinci kliping itu apa. Gawatnya, tugas kliping gue itu kudu diserahin esok harinya. Grabak grubuk lah gue dalam mengerjakannya. Dan itu kliping kudu dijilid, duh apaan lagi itu jilid. Gue gak ngerti dijilid itu apa. Habis lah gue semaleman diomelin. Bokap sampe bilang gue stress dan sinting. Sampe beliau mau bawa gue ke psikiater. Hati gue sakit dan sedih. Ortu gue lebih milih marah-marah kala itu ketimbang menjelaskan hal yang gue gak tau dan gak ngerti. Hal yang wajar gue belom paham semua itu karena emang waktu itu semua terlihat baru di mata anak umur 12 tahun. But, komunikasi yang buruk antara orangtua dan anak membuat keadaan yang sebenernya bisa terkondisikan baik malah menjadi buruk. 


 Hal itu lah yang membuat gue jadi pribadi yang lebih suka sendiri dan menyimpan problem sendirian. Karena, kala gue ada gue keliatan gak ada dan kala gue mengungkapkan problem gue, mereka akan bereaksi berbeda dari apa yang gue pikir. Bukannya terangkul, gue akan seperti makhluk hina dina…

I know, nyokap dan bokap gue sayang banget sama gue. Parah deh sayangnya… tapi, ya begitu, buruknya komunikasi di keluarga gue yang bikin gue menjadi pribadi yang gak percaya diri, unsocial, negative thinking, dan pemalu. 

Naik kelas 2 SMP, gue ngerasa gue harus punya pelarian dari pikiran jelek gue… yap, kala itu gue jatuh cinta sama temen sekelas gue. His name is **** (harus gue sensor demi kemaslahatan umat :v ) Dia yang bikin gue semangat sekolah, dia yang bikin hari hari gue berwarna, walau gue Cuma sebatas suka diam diam, tapi rasanya luar biasa. Bisa ngeliat dia setiap hari aja udah seneng banget. 

Tapi sayang, pelarian itu gak berlangsung lama… gue kembali jadi pribadi yang otaknya “sakit”

Akibat dari otak gue yang “sakit” itu, gue pernah mau bunuh diri waktu kuliah semester 2. Itu benar benar puncak dari sakitnya otak gue. Gue ngerasa sendirian, gue ngerasa gak berguna di dunia ini. Gue ngerasa gak punya temen. Gue mengurung diri di kamar. Gue sempet nyayat lengan gue, tapi untungnya itu Cuma kebeset doang, gak ampe dalem kesayatnya :v gue pun mengurungkan niat gue buat bunuh diri. Abisan, dosa gue masih banyak cuy :v  ngerih ah… 

But, now…. Gue jauh lebih baik dari gue yang dulu. Berkat semua masa lalu yang gue jalanin, gue belajar banyak hal. Gue gak boleh nyimpen masalah sendirian, minimal gue curhat ke Allah deh kalo gak percaya cerita sama orang. Gue harus keluar dan bertemu banyak teman, nikmati setiap keakraban yang terjalin. Yap, itu yang gue lakuin waktu gue stress sebulan yang lalu. Bulan lalu Bener bener stress, saat itu gue lebih milih keluar dan main ke sana ke mari. Bertemu banyak orang dan bersenda gurau. Menceritakan problematika gue. Alhamdulillah, rasanya jauh lebih baik ketimbang gue ngurung diri. 

Puncak ternikmat dari bersandar kepada Allah adalah, gue bisa curhat panjang lebar sambil nangis sembewehan di atas sajadah. Beeuuhh lega selega lega nya. 





Tapi, kadang… pikiran pengen mati itu muncul lagi kalau gue sendirian di kamar dan nggak ngelakuin kegiatan apa-apa. Gue nggak boleh kaya gitu, gue harus ketemu banyak orang, berkomunikasi dengan orang atau melakukan sesuatu, seperti ngupil misalnya? :v becanda deng, ya misal ngemil, gosok baju, atau ngobrol sama emak gue, atau nonton tv atau baca Al-Qur'an?

Dari cerita gue di atas, gue bisa narik kesimpulan bahwa hal-hal yang terjadi di masa kecil bisa berpengaruh pada kepribadian kita kelak ketika beranjak dewasa. Rasa traumatis, gak dianggap, dan hal hal semacamnya membuat gue jadi pribadi berotak "sakit". Sama halnya kaya kasus Marshanda...Marshanda punya traumatis masa kecil karena broken home dan dibully temen-temennya. I know that feel.

Ada banyak hal yang bisa jadi pembelajaran dari semua cerita gue, ketika gue jadi orangtua kelak gue harus sering berkomunikasi dengan anak gue. Mendengar cerita-ceritanya, membolehkan dia membantu di dapur, dan nggak mengomel ketika dia gak tau. Selain itu pula, gue kudu perbanyak teman, ketika ada problem bersandar kepada Allah, jangan mengurung diri… harus keluar dan berkomunikasi dengan orang. 

And finally....
"Hidup adalah anugerah yang nggak bisa kita minta lagi kalau kita udah mati. Lakukan banyak hal bermanfaat sebelum ajal mendekat."

0 komentar:

Posting Komentar

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis