21 Sep 2015

Orangtua adalah pembentuk karakter bangsa

Bayi ibarat kertas putih. Ia akan menjadi apa tergantung dari si penulis. Hanya akan dicoret-coret lalu menjadi kertas yang tak berguna atau diisi dengan tulisan yang bermanfaat. Begitu pula seorang anak, karakternya terbentuk tergantung bagaimana cara orangtuanya mendidik.

Gue pribadi tipe yang emosional, kurang rajin, dan hemat. Itu sebenernya hanya sebagian dari sifat gue yang gue tulis di blog ini. Masih banyak sifat baik dan buruk gue.

Sekarang gue akan jelasin kenapa gue bisa punya sifat sifat kaya gitu. 

Sifat emosional alias mudah marah gue diturunin dari bokap. Selain turunan ada alasan lain, yaitu gue sering liat bokap marah-marah hanya karena masalah sepele. Jadilah gue terbiasa melihat kemarahan di rumah. Gue anggep marah adalah hal biasa dan perlu dikeluarin. Alhasil semua itu kebawa sampe gue dewasa.

Kurang rajin, kurang rajin di sini lebih ke bantu nyokap. Kadang suka ogah ngebantu. Jadi, gue kudu diperintah dulu baru bakalan bantu. Kenapa gue begitu? Karena dulu waktu gue kecil, tiap kali pengen bantu nyokap masak di dapur nyokap malah marah marah dan nyuruh gue untuk gak bantu beliau. Alhasil gue berpikir bahwa orangtua gak suka dibantu. Orangtua gak butuh dibantuin. Tapi, alhamdulillah sifat dan pemikiran kaya gitu udah hilang perlahan krn nyokap maksa gue buat bersih bersih rumah, nyuci piring, dan masak. Awalnya terpaksa banget... males malesan ngerjainnya, tp lama kelamaan semua jadi biasa. Kalo gue gak ngelaksanain rasanya kaya ada yang kurang.

Hemat. Yap... gue tipe yang jarang jajan. Kalopun pengen jajan pasti gue liat liat harganya dulu, kira kira duitnya bakal sisa apa kaga buat hari esok. Itu karena nyokap sering ngasih gue duit yang ngepas banget. Dulu, tiap kali gue ada kegiatan jalan jalan, nyokap hanya akan ngasih 50 ribu. Itu pun sambil dikasih pesan, “ini duit dipegang aja. Jangan dijajanin”. Jadilah gue berangkat dan pulang membawa 50 ribu yang utuh. Sama sekali gak jajan. Hahaha...Semua kebawa sampe gede kaya sekarang.

Nah, di antara anak anak nyokap cuma ade gue yang paling kecil yang perlakuannya laen. Dia dimanja banget sama nyokap. Tiap kali gue protes krn nyokap terlalu manjain dia, nyokap malah marahin gue dan bilang “wajar lah. Pasti semua ibu beda beda dalam memperlakukan anaknya. Termasuk ibu.” Tapi buat gue itu gak wajar. Karena akan mencetak anak yang karakternya jelek. Alhasil ade gue yang paling kecil itu yang paling males sekolah, yang paling cengeng, dan yang paling pelit.

Waktu SD, ade gue takut sama yang namanya hapalan. Alhasil setiap ada apalan di sekolah, dia ogah sekolah. Nyokap justru ngebiarin gitu aja. Lah gue dan ade gue yang pertama mah boro boro dibolehin. Digebukin bokap diguyur aer ama nyokap. Habislah kami kalo males ke sekolah. Tapi, ade gue yang ini nggak. Dia gunain senjata ngambek dan nangisnya. Kena lah nyokap gue yang hatinya terlalu halus. Gak tegaan ama anak bontotnya. Dibolehin lah gak sekolah. Karena itu lah ade gue jadi terbiasa... sampe sekarang dia kelas 3 SMK, dia masih males sekolah. Gak ada prestasinya sama sekali. Laen sama gue dan ade gue yang pertama.

Pelit, gue anggep dia manusia paling pelit sedunia. Dia pelit gak Cuma sama gue tapi sama nyokap dan bokap juga. Nyokap selalu nanya, “ya Allah nih anak pelit turunan dari siapa sih?” dan sekarang gue baru inget, apa yang bikin ade gue jadi pelit banget. Dulu waktu dia kecil, tiap kali dia pengen apa pasti dikasih. Dan tiap gue minta dari dia, nyokap malah marahin gue. Bukannya nyuruh ade gue untuk berbagi sama gue. Dulu, gue pernah dapet dorprise dari event lomba gambar. Dorprisenya dapet susu rasa coklat. Enak banget... Nah, ade gue yang kecil itu pengen banget susu, yaudah gue sebagai kaka pasti ngasih lah ya. Baru beberapa kali di minum tuh susu tau tau nyokap bilang udah abis. Gue cari kemana mana emang gak ada, yaudah gue simpulin nyokap bener. Susunya mungkin udah abis krn gue dan dua ade gue yang minum. Kalo diminum sendirian pasti lama abisnya, krn ini bertiga pasti bener lah kata nyokap susunya abis. Gue pun dengan polosnya percaya. Tapi, suatu hari betapa kagetnya gue waktu liat nyokap ngeluarin bungkus susu. Gue bilang, “itu masih ada susunya. Kata ibu udah abis” ibu gue Cuma nyengir dan bilang “ini semua buat reza. Kamu kan udah kemaren.” Ya begitulah... ade gue jadi pelit karena hal itu. Nyokap terbiasa ngasih dia sesuatu tapi gak diajarin berbagi. Semua yang milik dia ya hanya untuk dia. Yang laen gak boleh punya. Beda sama gue dan ade gue yang pertama. Kami diajarin berbagi. Bahkan waktu ada lomba fashion dan yang menang hanya adik gue, bokap bilang “ini yang menang dwiki, tapi hadiahnya buat kalian berdua. Jadi, harus berbagi ya”. Dan kamipun selalu berbagi sampe sekarang. Rasanya aneh aja kalo punya sesuatu tapi gak berbagi sama orang lain.

Begitulah, ketika anak anak kalian berlaku buruk atau baik coba inget waktu kecilnya kalian mendidiknya kaya gimana. Semua pasti akan balik ke orangtua. Buat calon orangtua, didik lah anak dengan baik. Agar gak nyesel kelak dan mengeluh “nih anak ko bangor banget. Turunan siapa sih?” hahaha :v

Cerita ini bukan semata-mata gue ngejelek-jelekin orangtua gue. Menganggap didikan beliau salah. Nggak. Tentunya ada didikan orangtua gue yang bagus. Kamipun keluarga yang termasuk religius, walau gak fanatik banget. Alhamdulillah gue terlahir di keluarga yang perduli banget. Kalo gue pulang kemaleman selalu dicariin. Kalo belom makan pasti dibawelin. I love my family ^_^

Cerita ini hanya sebagai contoh yang bisa dipetik pesannya agar kelak saat menjadi orangtua kita bisa lebih bijak dalam mendidik anak. Agar bisa berguna bagi keluarga, agama, bangsa, dan negara.

Kelak gue pun gak mau salah mendidik anak. Anak gue harus berprestasi dalam bidang yang dia kuasai. :D


Semoga postingan ini bermanfaat. Terimakasih ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis