6 Agu 2014

Jodoh Itu Takkan Tertukar

Kalian percaya nggak sih jodoh itu nggak akan tertukar? Percaya juga nggak dengan selogan “yang baik untuk yang baik. Yang buruk untuk yang buruk”. Awalnya gue memaknai kalimat itu dengan keliru. Kalau lu baik, jodoh lu pasti orang baik-baik. Kalau lu buruk jodoh lu pasti sama buruknya kaya lu. Tapi, tiba-tiba pemahaman gue itu tertepis dengan banyak contoh di luar sana. Contoh paling konkrit dan ada di depan mata gue adalah bokap dan nyokap gue. Mereka berdua bagai langit dan bumi. Berbeda banget. Nyokap dulunya adalah guru madrasah, bokap adalah anak gaul yang bahkan ngaji aja jarang. Kenapa mereka berjodoh? Gue pernah menanyakan hal itu kepada nyokap.



                “Bu, Ayah kan kurang bisa ngaji. Ko ibu mau sama ayah?”


                “Ibu juga tadinya nggak tau kalau ayah nggak bisa ngaji. Yang ibu tau, orang betawi pasti bisa ngaji. Ternyata nggak.”


                “Lagian nggak ibu tes. Hahaha. Tapi, kenapa ibu bisa berjodoh sama ayah ya? Ayah kan buruk sedangkan ibu baik. Yang baik untuk yang baik, yang buruk untuk yang buruk.”


                “Ayah orang baik ko. Ayah Cuma kurang dituntun. Dulu Orangtuanya ayah sibuk kerja, ayah jadi kurang didikan agama. Ayah nggak pernah dibangunin untuk shalat subuh, bahkan nggak diingetin untuk shalat wajib lainnya. Ngaji pun nggak pernah tuntas karena pindah pindah TPA melulu.”


                “Oh, pantesan aja ayah kalo bangunin farah Cuma karena disuruh sekolah doang. Kalo libur malah nggak dibangunin. Hahaha”


                “Iya itu karena dulunya ayah nggak pernah dibangunin untuk shalat. Dulu malah katanya waktu sebelum nikah sama ibu, ayah nggak puasa ramadhan.”


                “Hah? Masa sih?”


                “Iya, dia sendiri yang cerita. Nggak tau deh, kalau ayah bukan nikah sama ibu, ayah bakal kaya sekarang atau nggak.”


                “Kaya sekarang? Maksudnya jadi rajin shalat, puasa ramadhan, dan sedikit demi sedikit bisa ngaji gitu?”


                “Iya.”


                Dari obrolan itulah gue bisa menyimpulkan makna kalimat “yang baik untuk yang baik dan yang buruk untuk yang buruk”. Nggak selamanya yang buruk akan buruk, suatu saat bisa saja menjadi baik asalkan hatinya pun punya kemauan untuk menjadi orang yang lebih baik. Dan Allah maha adil, menurunkan orang-orang baik untuk membimbing orang yang tadinya buruk menjadi lebih baik. Seperti nyokap dan bokap gue. Bokap menjadi orang yang lebih baik setelah menikah dengan nyokap gue.


                Contoh lainnya lagi adalah kisah percintaan alm.Ustad Jefri Al-Buchori (Uje) dengan Pipik Dian Irawati. Alm.Uje dulunya adalah seorang pemabuk dan pemakai, sedangkan Pipik adalah seorang model yang belum menutup aurat. Keduanya dipertemukan oleh Allah SWT, saat pertama kali bertemu mereka sama-sama merasakan “mereka akan lebih baik jika bersama”. Dan terbukti, setelah menikah, walau Uje sempat kambuh (ngobat), Pipik berhasil membuat Uje jauh dari barang haram itu dan pipik mantap terus menutup auratnya. Step by step dengan penuh kesabaran, pipik dan uje sama sama mengubah hidup mereka menjadi manusia yang lebih baik.






                Allah maha adil dalam segala hal termasuk urusan jodoh. Jodoh benar-benar nggak akan tertukar.

2 komentar:

  1. Jodoh itu kayak Afgan, pasti bertemu. Tapi jodoh itu bukan Nikita Willy, yg pasti tertukar :))

    BalasHapus
  2. aiiih, nih sedap tulisannya. gue baru engeh juga sih
    ternyata memang ada hikmahnya yak. dan jujur gue baru paham nih, tentang arti slogan enttuh....
    keren''.

    nah, trus kira'' jodoh lo yg kek gmna niiih, mpook???

    BalasHapus

Ngasih komentar di blog ini termasuk sedekah loh :p

© Coretan Kecil Seorang Jilbaber 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis